• Admin
  • 29-02-2024

Baznas Award 2024, Eri Cahyadi Raih Penghargaan Wali Kota Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik


Baznas Award 2024, Eri Cahyadi Raih Penghargaan Wali Kota Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik

   DPMPTSP-Kota Surabaya: Kota Surabaya untuk ketiga kalinya berhasil meraih penghargaan dalam ajang Baznas Award 2024 yang digelar di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024). Kedua penghargaan diberikan untuk Baznas Surabaya dengan kategori Baznas Kota dengan Koordinasi Terbaik terhadap Pemerintah Daerah, serta Baznas Kota dengan Pengumpulan Terbaik.

   Sedangkan penghargaan yang ketiga, diberikan kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebagai Wali Kota Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik. Penghargaan untuk kepala daerah ini, diterima Wakil Wali Kota Surabaya Armuji yang hadir mewakili Wali Kota Eri Cahyadi. Ketua Baznas Kota Surabaya, Moch Hamzah menjelaskan, bahwa Baznas Surabaya memboyong dua penghargaan dalam Baznas Award 2024. Kedua penghargaan ini kategori Baznas Kota dengan Koordinasi Terbaik terhadap Pemerintah Daerah, dan Baznas Kota dengan Pengumpulan Terbaik. “Artinya hubungan Baznas dengan pemerintah kota berjalan harmonis di dalam pengelolaan zakat di Kota Surabaya. Karenanya, kami akan memperkuat manajemen dan sistem digitalisasi dengan tetap mempertahankan apa yang sudah kami dapatkan,” kata Moch Hamzah, Jumat (1/3/2024).

  Kota Surabaya untuk ketiga kalinya berhasil meraih penghargaan dalam ajang Baznas Award 2024 yang digelar di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024). Kedua penghargaan diberikan untuk Baznas Surabaya dengan kategori Baznas Kota dengan Koordinasi Terbaik terhadap Pemerintah Daerah, serta Baznas Kota dengan Pengumpulan Terbaik. Sedangkan penghargaan yang ketiga, diberikan kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebagai Wali Kota Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik. Penghargaan untuk kepala daerah ini, diterima Wakil Wali Kota Surabaya Armuji yang hadir mewakili Wali Kota Eri Cahyadi.

   Ketua Baznas Kota Surabaya, Moch Hamzah menjelaskan, bahwa Baznas Surabaya memboyong dua penghargaan dalam Baznas Award 2024. Kedua penghargaan ini kategori Baznas Kota dengan Koordinasi Terbaik terhadap Pemerintah Daerah, dan Baznas Kota dengan Pengumpulan Terbaik. “Artinya hubungan Baznas dengan pemerintah kota berjalan harmonis di dalam pengelolaan zakat di Kota Surabaya. Karenanya, kami akan memperkuat manajemen dan sistem digitalisasi dengan tetap mempertahankan apa yang sudah kami dapatkan,” kata Moch Hamzah, Jumat (1/3/2024).

   Hamzah menerangkan bahwa pada tahun 2023, Baznas Surabaya berhasil mengumpulkan Rp41 miliar zakat. Zakat tersebut berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Surabaya maupun masyarakat. Karenanya, ia optimis di tahun 2024, Baznas Surabaya mampu melebihi angka tersebut untuk mensejahterakan masyarakat di Kota Pahlawan. Apalagi, dengan adanya 17 Kampung Madani yang telah diresmikan Pemkot Surabaya, mampu membuat kampung tersebut mandiri dalam bidang sosial, dan ekonomi.

   “Saya optimis karena dengan adanya Kampung Madani, UPZ (Unit Pengumpul Zakat) yang sudah dilaunching oleh pemkot bisa disalurkan atau diamanatkan melalui Baznas maupun LAZ (Lembaga Amil Zakat) yang ada di Kota Surabaya,” tuturnya. Sementara itu, Ketua Baznas RI KH Noor Achmad mengatakan, bahwa Baznas Award 2024 merupakan bentuk apresiasi kepada para penggerak zakat yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. 

   “Kami memberikan apresiasi kepada bapak presiden, wakil presiden, para menteri, gubernur, wali kota se-Indonesia yang telah membantu Baznas RI. Kami juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Badan Amil Zakat di daerah sehingga bisa memberikan kekuatan yang luar biasa dalam pengumpulan, sekaligus pendistribusiannya,” kata Noor Achmad. (*) Hamzah menerangkan bahwa pada tahun 2023, Baznas Surabaya berhasil mengumpulkan Rp41 miliar zakat. Zakat tersebut berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Surabaya maupun masyarakat. 

   Karenanya, ia optimis di tahun 2024, Baznas Surabaya mampu melebihi angka tersebut untuk mensejahterakan masyarakat di Kota Pahlawan. Apalagi, dengan adanya 17 Kampung Madani yang telah diresmikan Pemkot Surabaya, mampu membuat kampung tersebut mandiri dalam bidang sosial, dan ekonomi. “Saya optimis karena dengan adanya Kampung Madani, UPZ (Unit Pengumpul Zakat) yang sudah dilaunching oleh pemkot bisa disalurkan atau diamanatkan melalui Baznas maupun LAZ (Lembaga Amil Zakat) yang ada di Kota Surabaya,” tuturnya.

   Sementara itu, Ketua Baznas RI KH Noor Achmad mengatakan, bahwa Baznas Award 2024 merupakan bentuk apresiasi kepada para penggerak zakat yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. “Kami memberikan apresiasi kepada bapak presiden, wakil presiden, para menteri, gubernur, wali kota se-Indonesia yang telah membantu Baznas RI. Kami juga memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Badan Amil Zakat di daerah sehingga bisa memberikan kekuatan yang luar biasa dalam pengumpulan, sekaligus pendistribusiannya,” kata Noor Achmad. (*) (surabaya.go.id)