• Admin
  • 06-07-2024

Festival Peneleh 2024 Meriahkan Kota Surabaya dengan Konsep Heritage


Festival Peneleh 2024 Meriahkan Kota Surabaya dengan Konsep Heritage

   DPMPTSP-Kota Surabaya; Kota Surabaya kembali diramaikan dengan digelarnya Festival Peneleh 2024 yang resmi dibuka di Koridor Jalan Makam Peneleh, Kecamatan Genteng, pada Jumat malam. Acara yang menjadi bagian dari Java Culture Coffee (JCC) ini diselenggarakan atas kolaborasi antara Pemerintah Kota Surabaya, Bank Indonesia (BI) Jawa Timur, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Peneleh.

   Sekretaris Daerah Kota Surabaya, M Ikhsan, mewakili Wali Kota Eri Cahyadi dalam pembukaan Festival Peneleh yang dikemas dengan tema heritage. Acara ini dimeriahkan dengan Hiburan Rakyat, Pasar Rakyat, serta peluncuran Gift Shop sebagai bagian dari rangkaian kegiatan. Ikhsan menyampaikan apresiasi atas dukungan BI Jawa Timur dalam mengembangkan potensi pariwisata Kampung Peneleh. Ia menjelaskan bahwa kawasan ini kaya akan destinasi sejarah seperti Sumur Jobong, Makam Belanda Peneleh, dan rumah-rumah bersejarah lainnya, yang tidak hanya menawarkan wisata namun juga edukasi.

   Plh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Bandoe Widiarto, menambahkan bahwa Kampung Peneleh dipilih sebagai lokasi pengembangan wisata sejarah berdasarkan asesmen 3A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas) dan 2P (Promosi dan Pelaku Usaha). Dia juga menekankan pentingnya peran Pokdarwis dalam kesuksesan pengembangan kota wisata. Ketua Pokdarwis Peneleh, M Syahril, dalam laporannya menyatakan bahwa upaya pengembangan Kampung Peneleh telah membuahkan hasil signifikan, dengan meningkatnya jumlah wisatawan baik lokal maupun internasional yang mengunjungi kawasan ini.

   Festival Peneleh 2024 juga menjadi momentum untuk memperkenalkan potensi wisata Kampung Peneleh lebih luas lagi, dengan harapan dapat menarik lebih banyak pengunjung ke kawasan ini di masa depan. Penghargaan yang diraih Kampung Peneleh, seperti Penyaji Terbaik Virtual Tour Tahun 2023 dan pencapaiannya dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia, menjadi dorongan bagi masyarakat setempat untuk terus mengembangkan dan mempertahankan kebersihan serta daya tarik kawasan ini. Dengan demikian, Festival Peneleh 2024 bukan hanya merayakan warisan budaya, tetapi juga menunjukkan komitmen untuk mengangkat Kampung Peneleh sebagai destinasi wisata unggulan di Surabaya. (surabaya.go.id)