• Admin
  • 15-06-2024

Pasar Karah Baru Jadi Prototipe Pasar Modern di Surabaya


Pasar Karah Baru Jadi Prototipe Pasar Modern di Surabaya

   DPMPTSP-Kota Surabaya; Surabaya, 15 Juni 2024 - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah menyiapkan lokasi baru untuk pedagang Pasar Karah. Lokasi baru ini berada di Jalan Karah Lapangan Belakang, Kecamatan Jambangan, tidak jauh dari lokasi Pasar Karah sebelumnya.

   Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyatakan bahwa bangunan baru Pasar Karah akan mengusung konsep pasar bersih dan modern. "Pasar Karah yang sebelumnya berada di ujung pemukiman sudah kumuh dan kotor, sehingga kita pindah ke tempat yang baru dengan model pasar modern," ujar Eri Cahyadi pada Sabtu (15/6/2024). Ia berharap Pasar Karah bisa menjadi contoh bagi pasar-pasar lainnya di Surabaya.

  Tidak hanya memindahkan pedagang, Pemkot Surabaya juga akan memberikan pembinaan agar konsep pasar modern dan bersih bisa terwujud. “Pedagangnya juga kita latih dan arahkan. Saya iri dengan pasar swasta, masa pasar swasta bisa, pemerintah kota nggak bisa,” tambah Wali Kota Eri.

  Rencana relokasi ini mencakup sekitar 220 pedagang Pasar Karah, dengan 200 pedagang berjualan di dalam pasar dan 20 pedagang sembako di luar pasar. Eri Cahyadi, yang akrab disapa Cak Eri, mengungkapkan bahwa Pemkot Surabaya akan membangun lebih banyak pasar baru pada tahun 2025. "Pasar Karah ini adalah salah satu prototipe, sehingga pasar yang kita bangun nantinya akan seperti ini semuanya," jelasnya.

  Cak Eri menegaskan bahwa pembangunan pasar dengan konsep modern dan bersih ini harus dilakukan dengan serius dan detail. "Mulai dari sirkulasi udara, lantai, hingga resapan airnya harus dirancang sebaik mungkin agar stigma pasar tradisional yang kumuh dan becek hilang di Surabaya," tuturnya.

  Tahap pembangunan Pasar Karah yang baru telah mencapai 90 persen. Pasar ini nantinya akan dikelola langsung oleh Pemkot melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya. Selain Pasar Karah, ada beberapa pasar lain yang sedang dalam tahap pembangunan, diantaranya Pasar Kembang, Pasar Pucang, dan Pasar Simo.

  Cak Eri berharap dengan perbaikan dan pembangunan pasar yang dilakukan, masyarakat akan merasa nyaman saat berbelanja di pasar tradisional. "Pasar yang di bawah pengelolaannya PD Pasar Surya ada sekitar lima pasar yang sedang diperbaiki. Orang ke pasar itu harus nyaman," pungkasnya. (*)