• Admin
  • 14-06-2024

Kelurahan Jemur Wonosari Masuk Tiga Besar Lomba Desa dan Kelurahan serta Pelaksanaan Terbaik 10 Program Pokok PKK Jawa Timur 2024


Kelurahan Jemur Wonosari Masuk Tiga Besar Lomba Desa dan Kelurahan serta Pelaksanaan Terbaik 10 Program Pokok PKK Jawa Timur 2024

   DPMPTSP-Kota Surabaya; Kelurahan Jemur Wonosari, di Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, meraih prestasi membanggakan dengan masuk dalam tiga besar Lomba Desa dan Kelurahan serta Pelaksanaan Terbaik 10 Program Pokok PKK Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. Keberhasilan ini menjadi faktor pendukung bagi Kota Surabaya dalam memenangkan penghargaan Digital Government SPBE Award Summit 2024.

  Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengapresiasi kolaborasi dan kerja keras semua elemen masyarakat, termasuk Kader Surabaya Hebat (KSH) dan Tim Penggerak PKK Kelurahan Jemur Wonosari. Keberhasilan ini diperoleh melalui aplikasi Sayang Warga, yang memungkinkan untuk mendata jumlah warga dalam satu RT dan informasi terkait status ekonomi masyarakat.

  Prestasi ini juga berkat kolaborasi antara PKK dengan Perangkat Daerah terkait di lingkup Pemerintah Kota Surabaya dalam membentuk Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH), sejalan dengan filosofi pembentukan Kampung Madani di Kota Pahlawan. Melalui Lomba Pelaksanaan Terbaik 10 Program Pokok PKK Jatim 2024, Wali Kota Eri berharap inovasi dalam pelayanan pemerintah dapat direplikasi di kabupaten/kota lain di Jawa Timur, sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk menggabungkan aplikasi terbaik.

  Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani, menjelaskan beberapa program unggulan yang telah dijalankan Kelurahan Jemur Wonosari, seperti PAAREDI, Gelari Pelangi, dan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana. Program-program tersebut tidak hanya dimasifkan di 31 kecamatan, tetapi juga telah bergerak hingga tingkat RW, bahkan PKK Surabaya berencana menggencarkan Sekolah Orang Tua Tangguh (Selantang) hingga di tingkat Balai RW.

  Bunda Rini juga merencanakan peluncuran SIM PKK sebagai pencatatan digital bagi para kader PKK, untuk meningkatkan koordinasi dan pemantauan. Evaluasi secara rutin terhadap perkembangan desa dan kelurahan di Indonesia juga dilakukan oleh pihak terkait. Kota Surabaya terus mempertahankan nilai-nilai budaya dalam menjaga kebersamaan dan keharmonisan di tengah masyarakat, yang tercermin dari prestasi Kelurahan Jemur Wonosari dan Tim Penggerak PKK. (surabaya.go.id)