• Admin
  • 25-02-2024

Hari Sampah Sedunia, Pegawai DPMPTSP Kota Surabaya Turut Kerja Bakti Massal


Hari Sampah Sedunia, Pegawai DPMPTSP Kota Surabaya Turut Kerja Bakti Massal

   DPMPTSP-Kota Surabaya: Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Surabaya mengikuti kerja bakti massal yang dipusatkan di sepanjang Jalan Kalimas Timur Pabean Cantikan, Minggu (25/2/2024) pagi.

   Kerja bakti yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB tersebut, dipimpin langsung Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Kerja bakti dimulai dengan membersihkan sampah-sampah yang ada di sepanjang Jalan Kalimas Timur. Selain itu, perantingan pohon dan pengecatan pagar pembatas sungai, juga tak luput dari sasaran.

   Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, kerja bakti di kawasan Ampel dimulai dari Semampir, KH Mas Mansyur, Kalimas Udik, hingga Pasar Pabean. Kawasan ini merupakan bagian dari kota lama Surabaya yang memiliki nilai-nilai sejarah.

   "Di sini ada Masjid Serang dan Langgar Dipo. Ini adalah tempat-tempat sejarah Kota Surabaya. Karena itu yang saya minta Langgar Dipo dan Masjid Serang juga menjadi tempat salah satu tujuan ketika (pengunjung) datang ke kota lama yang ada di kawasan Ampel," kata Wali Kota Eri Cahyadi, usai memimpin kerja bakti massal. 

   Sementara pegawai DPMPTSP Kota Surabaya yang dipimpin langsung oleh Kepala DPMPTSP M. Afghani Wardhana mendapatkan pembagian zona kerja bakti di wilayah zona 10 yakni mulai Pasar Ikan Pabean hingga keluar jalan panggung.

   Pembersihan meliputi menyapu jalan hingga pembersihan rumput dan tumbuhan liar di sepanjang jalan tersebut yang dilakukan oleh pegawai DPMPTSP bersama OPD yang juga mendapatkan pembagian di zona 10.

   Kerja bakti serentak yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Surabaya ini juga dalam rangka rencana penataan dan mempercantik kawasan kota lama, kawasan wisata religi Sunan Ampel. Salah satunya adalah rencana pembuatan gapura kawasan Ampel, penataan para pedagang hingga pendirian museum di Langgar (Musala) Gipo. (surabaya.go.id)